GOLDEN RASBERRY AWARD 2023 & SEJARAHNYA

Semua ini bermula di suatu malam di tahun 1981. Seorang pria bernama John J.B Wilson yang lahir pada tanggal 24 Mei 1954 & bekerja sebagai Copywritter di dunia perfileman sedang menonton sebuah pertunjukan film. Dalam pertunjukan tersebut ia menonton 2 film yang berjudul Can't Stop the music & Xanadu. Wilson sangat tidak menikmati kedua film yang ia tonton. Ia merasa ini merupakan pengalaman yang mengerikan bagi dirinya, bahkan ia ingin menghapus memory saat ia td menonton film tersebut di otaknya. Dari kedua film inilah Wilson merasa harus ada orang yang berani memberikan label tersendiri untuk film-film yang sangat jelek untuk ditonton. Ia juga berpikir kalau sudah ada ajang penghargaan untuk film-film terbaik, mengapa sampai sekarang (1980) tidak ada wadah yang bisa digunakan untuk memberikan penghargaan kepada film terburuk?. Pada saat itu ia hanya berfikir sebatas itu saja. 

Sebagai orang yang bekerja di dunia perfileman, Wilson mempunyai tradisi untuk menonton ajang penghargaan dalam dunia insan perfileman yang dinamakan oscar bersama rekan-rekan kerjanya di rumah.  Begitupun pada waktu oscar tahun 1981, ia mengadakan acara kecil-kecilan bersama rekan kerjanya untuk menonton acara oscar. Setelah acara nobar selesai, ia kembali mengingat kejadian saat menonton 2 film yang ia anggap sebagai film yang sangat buruk. Dalam keadaan rumah Wilson yang saat itu sedang ramai oleh rekan kerjanya, Wilson langsung meminta rekan kerjanya untuk mempersiapkan ruang makan untuk dijadikan sebagai ruangan rapat khusus. Setelah semuanya dipersiapkan, ia langsung mengutarakan ke rekan kerjanya untuk mengadakan upacara penghargaan dadakan untuk memberikan penghargaaan film-film terburuk yang pernah ditonton, rekan kerjanya setuju dengan ide wilson & langsung mengikuti arahan yang Wilson utarakan. Dari ajang penghargaan jadi-jadian yang sifatnya hanya untuk lelucon,ternyata benar-benar dipilih dengan serius oleh wilson & rekan rekannya, dengan berbagai pilihan, pemenang pada waktu itu adalah film Can't stop the music sebagai film terburuk sedangkan sutradara terburuk adalah Robert Greenwald untuk film xanadu. Keduannya adalah film yang memberikan pengalaman buruk bagi wilson & semua rekan kerjanya menyepakati bahwa kedua film tersebut adalah film yang layak diberikan penghargaan sebagai film terburuk. 

Wilson sangat puas dengan acara yang sudah dibuatnya, ia merasa apa yang telah ia ciptakan bisa digunakan untuk memberikan wadah dalam memberikan penghargaan untuk film terburuk. Wilson menamakan penghargaan ini dengan nama Razzie Award. Seiring berjalannya waktu, wilson menambah beberapa kategori yang bisa digunakan untuk memberi penghargaan seperti aktor terburuk, aktris terburuk, sutradara terburuk & lain-lain. Acara ini pun berjalan setiap tahun dengan lancar, ditambah lagi, setiap kegiatan tersebut didokumentasikan serta dilaporkan kepada pers untuk publikasi. Level penghargaan ini semakin meningkat saat Media berita CNN pada tahun 1984 meliput secara langsung kegiatan ini. 

Banyak pro & kontra mengenai penghargaan ini, beberapa sineas perfileman juga tidak mengakui dengan adanya penghargaan ini, namun semua itu berubah saat ada salah satu aktor yang akhirnya mau menerima penghargaan. Aktor ini juga bukanlah aktor main-main, ia adalah salah satu pelawak paling terkenal di dunia yaitu Bill Cosby. Setelah ia sukses dengan banyak tampil di acara & serial TV, pada tahun 1987 Cosby mencoba untuk bermain di film layar lebar sekaligus menjadi penulis alur cerita. Ia bermain di film Leonard Part 6. 

Film Leonard Part 6 ternyata menjadi mimpi buruk bagi bill cosby. Banyak hujatan, cemooh, kritikan pedas yang disampaikan oleh kritikus maupun penggemarnya, di IMDB pun skor yang dihasilkan hanya 2,1/10, hal ini menggambarkan bahwa film ini sudah masuk ke level film yang sangat jelek. Dari sisi pendapatan filmnya juga merugi karena hanya mendapatkan keuntungan kotor $ 4 juta padahal biaya untuk pembuatan film ini berjumlah $24 juta. Maka dari itu  The Razzie Award memberikan penghargaan kepada film ini sebagai film terburuk pada tahun 1987. 

Bill Cosby mau mengakui penghargaanya & menerima kenyataan bahwa filmnya sangat buruk, bahkan ia menyarankan ke pengemarnya untuk tidak menonton film yang telah ia buat. Bill Cosby mendapatkan 3 penghargaan dari Razzie Award yaitu Worst Picture, Worst Actor, Worst Screenplay. Moment ini juga menjadi moment sejarah karena dari Bill Cosby menerima piala Razzie Award yang paling "mahal"dibandingkan yang lainnya. Ia menerima pialanya di acara TV The Late Show yang disiarkan Fox Network, untuk mengabadikan moment ini, Fox membuat piala khusus untuk cosby dari emas 24 karat & marmer italy dengan harga senilai $30rb, sedangkan piala yang biasa diberikan oleh Razzie award adalah piala berbentuk rasbery kecil dengan harga $4 saja. Acara ini juga biasa disebut Golden Rasberry Award karena bentuk pialanya seperti rasberry dengan warna emas. 

Selain itu banyak aktor-aktor besar yang pernah masuk dalam kategori penghargaan Razzie Award seperti Eddy Murphie, Tom Hanks, Jared Letto, Sylvester Stallone, Robert Downey Jr, Anne Hathaway dll. Penghargaan ini sepertinya juga memiliki pengaruh bagi aktor yang meraihnya, dalam suatu wawancara Eddie murphie pernah ditanya mengapa dalam 10 tahun ini sudah jarang lagi bermain film?, ia menjawab "mereka memberi gelar ke saya Razzie Award". 

Sampai sekarang penghargaan ini masih bertahan & berjalan beriringan dengan academy oscar. Sistem penjuriannya didasarkan pada anggota berbayar di situs Resmi Golden Rasberry Award & semua oranga bisa mendaftar di web www.razzies.com. Pada tahun 2009 secara penilaian juga ditentukan oleh para wartawan, Penilaian di Rotten Tomatoes & Kritikus film yang berasal dari 45 Negara bagian di Amerika Serikat. 

Berikut daftar pemenang Razzie Award tahun 2023 : 

Worst Picture : Blonde

Worst Actor : Jared Leto "Morbius"

Razzie Redeemer Award : Colin Farrel "The Banshess of Inisherin" 

Worst Supporting Actor : Tom Hank "Elvis"

Worst Supporting Actress : Adria Arjona "morbius"

Worst remake/rip off sequel : Disney Pinocchio

Worst Director : Machine Gun Kelly (Colson Baker) & Mod Sun "Good Morning"

Worst Screenplay : Andrew Dominik "Blonde"   

Demikian cerita dari Golden Rasberry Award & pemenangnya

Semoga bermanfaat 

Thanks 

Categories:
Similar Movies

0 komentar: